Jakarta, libassonline.com – Sepanjang tahun 2018 hingga 2020, sebanyak enam Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan raiih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Ditambah satu UPT berhasil jadi Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Penambahan jumlah tersebut setelah Distrik Navigasi Makassar dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik pada hari ini (21/12/2020) memperoleh predikat WBK bersama 12 UPT lainnya di Kemenhub.

Penghargaan pembangunan Zona Integritas 2020 dari Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) ini diserahkan secara virtual oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin,

Zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Dengan tambahan dua UPT yang berpredikat Zona Integritas Menuju WBK, maka total ada enam UPT yang telah meraih predikat WBK dan satu UPT yang meraih WBBM. Semoga dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi di tahun 2021. Diharapkan yang masih WBK ditingkatkan menjadi WBBM dan yang sudah WBBM agar dapat terus dipertahankan,” jelas Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Andi Hartono.

Andi berharap agar UPT yang telah mendapatkan predikat WBK/WBBM dapat menjadi acuan atau benchmarking bagi UPT lain dalam mewujudkan Zona Integritas Menuju WBK.

Sebagai informasi, Peraturan Presiden No 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 – 2025 telah ditetapkan tiga target pencapaian sasaran hasil utama yaitu peningkatan kapasitas dan akutanbilitas organisasi, pemerintahan yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan pelayanan publik.

Ditjen Perhubungan Laut terus melakukan pembinaan kepada seluruh unit kerja untuk terus melakukan manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Berikut informasi lengkap UPT di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut yang telah meraih WBK/WBBM untuk tahun 2018 – 2020 sebagai berikut:

2018: Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (WBK)

2019: Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (WBBM), Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak (WBK), Otoritas Pelabuhan Utama Belawan (WBK), Distrik Navigasi Kelas I Surabaya (WBK), Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (WBK).

2020: Distrik Navigasi Kelas I Makassar (WBK) , Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Gresik (WBK).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: