Jalan akses Pelabuhan Patimban dibangun dengan 3 tipe konstruksi. Sebagian besar dirancang dengan struktur melayang (elevated) di atas persawahan dengan tanah lunak. Ketiga tipe struktur tersebut adalah pile slab sepanjang 5,9 kilometer, flyover sepanjang 1,6 kilometer, dan flexible pavement sepanjang 0,7 kilometer. (libassonline)

Subang, libassonline.com – Kegiatan di terminal car Pelabuhan Patimban Subang Jawa Barat sudah mulai menggeliat, Akses transportasi menjadi salah satu isu penting yang kerap disoroti oleh pengusaha terkait operasional Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Subang, Jawa Barat.

Pasalnya, semenjak beroperasi kali pertama Pelabuhan Patimban masih belum memiliki jalan tol sebagai akses utama mobilitas kendaraan pengirim barang.

Sudah ada satu kapal milik ASDP yakni Ferrindo 5 yang secara rutin melayani rute Patimban-Panjang, Patimban-Pontianak.

KSOP Patimban Heri Purwanto membenarkan kalau untuk saat ini, kapal Ferrindo 5 melayari Patimban-Panjang, Patimban-Pontianak.

Menurut Heri, ada kegiatan pemuatan kendaraan melalui kapal Ferrindo 5 dari Patimban tujuan Pontianak, Selasa (2/3/2021).

Mantan KSOP Marunda Jakarta Utara ini pun menyatakan bahwa pihaknya masih melakukan penjajakan dengan principal. Masih pendekatan dengan pabrikan otomotif, terutama untuk ekspor.

“Dari sisi minat sudah banyak yang berminat, cuman masih ada masalah sedikit di akses jalannya yang masih kurang bagus. Mudah-mudahan bisa segera teratasi,” ungkap Heri.

Heri juga bercerita jika pada Selasa pagi (2/3), pihaknya kedatangan salah satu pabrikan otomotif. “Tadi pagi ada visit dan assesment dari transporter (trucking) Daihatsu Sales Operation (domestik),” ujarnya lagi.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Nindya Jaya Makmur menyatakan bahwa pihaknya telah memulai menggunakan pelabuhan Patimban sebagai salah satu kegiatannya.

“Pada hari ini (Selasa, 2/3) kami muat 21 truk dari Patimban tujuan Pontianak menggunakan kapal Ferrindo 5 milik ASDP,” ujarnya.

Untuk diketahui bahwa PT Nindya Jaya Makmur adalah perusahaan grup PT Berlian Pulau Mandangin. (Editor/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: