Peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. (libassonline)

Jakarta, Libassonline.com – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 segera dibuka pada April. di mana Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dibutuhkan mencapai 1,3 juta dan ada beberapa dokumen dan syarat yang harus dilengkapi saat mendaftar CPNS.

Mengutip pasal 23 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, menyebutkan tentang syarat umum pelamar CPNS adalah:

1. Minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun saat melamar

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan tersendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta

4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Republik Indonesia

5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik maupun terlibat politik praktis

6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan yang akan dilamar

Profesi sebagai PNS masih banyak diidamkan masyarakat kita. Tak heran jika setiap dibuka perekrutan, pendaftarnya membludak. Lalu kapan jadwal penerimaan CPNS tahun 2021?

Berdasarkan data paparan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengenai Kebijakan Pengadaan ASN 2021 disampaikan rencana jadwal seleksi CASN Tahun 2021.

Rencana jadwal CASN ini masih bersifat tentatif :

1. Sekolah Kedinasan
– Penyampaian formasi Kementerian/Lembaga akan dilaksanakan pada pekan kedua Maret 2021
– Pendaftaran akan dimulai pada 09-30 April 2021
– Seleksi akan dilaksanakan pada pekan ketiga Mei 2021 dan pekan keempat Juni 2021

2. CPNS dan PPPK (Non Guru)
– Penyampaian formasi ke Kementerian/Lembaga Pemda akan dilaksanakan pada pekan ketiga bulan Maret 2021
– Untuk tahap selanjutnya pendaftaran, seleksi dan lainnya belum dicantumkan

3. PPPK (Guru)
– Penyampaian formasi ke Pemda dilaksanakan pekan ketiga bulan Maret 2021
– Untuk tahap selanjutnya pendaftaran, seleksi dan lainnya belum dicantumkan

Akhir Maret 2021 formasi mulai diserahkan ke masing-masing PPK K/L/D. Instansi yang belum melengkapi dokumen agar segera menyelesaikan.

Pendaftaran akan dibuka pada awal kuartal II tahun ini, rencananya bulan Maret akan ditetapkan formasinya, dan bulan April-Mei dibuka proses pendaftaran. Dan Juni mulai dilakukan seleksi.

Semua kebijakan sudah diajukan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan telah disetujui, pada intinya menteri keuangan setuju dengan usulan rencana kebutuhan ASN tahun 2021.

Bagi Anda yang ingin menjadi abdi negara, sebaiknya persiapkan diri sebelum pembukaan pendaftaran, selain mulai belajar untuk tes, ada baiknya siapkan juga syaratnya.

Menyiapkan syaratnya dari sekarang akan lebih mempermudah dan mempercepat melakukan pendaftaran saat dibuka, dokumen yang perlu disiapkan sebagai syarat ikut daftar CPNS adalah:

1. Kartu Keluarga

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Ijazah

4. Transkrip Nilai

5. Pas foto

6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar termasuk SKCK. (Editor/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: