Foto bersama Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian (tiga dari kiri) saat acara pembukaan kegiatan Padat Karya, Jumat (25/6/2021). (libassonline)

Tanjung Redeb, libassonline.com – Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor UPP (Unit Penyelenggara Pelabuhan) Kelas II Tanjung Redeb menyelenggarakan kegiatan Padat Karya dengan melibatkan 14 orang masyarakat sekitar yaitu warga dari Kelurahan tanjung Redeb, Kelurahan Bedungun dan Kelurahan Sambaliung..

Kegiatan dilaksanakan setelah pembukaan progam Padat Karya pada hari Jumat, 25 Juni 2021 yang akan di laksanakan di Dermaga Pelabuhan, Dalam dan Luar Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II tanjung Redeb.

Acara pembukaan progam Padat Karya di hadiri antara lain oleh Dan Subdenpom VI/1-3 Berau, Komandan KP3 POLRES Berau, perwakilan kantor Bea Dan Cukai Tarakan, perwakilan Kontor Kesehatan Pelabuhan, Bapak Lurah Kelurahan Tanjung Redeb dan General Manager PT Pelindo IV Tanjung Redeb.

Kepala UPP Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud mendukung upaya pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan di seluruh Indonesia sesuai dengan tugas dan fungsi bidang tugasnya masing-masing dengan membantu masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan dan kesulitan ekonomi karena terdampak pandemi Covid-19.

“Peserta yang dilibatkan sebanyak 14 orang pekerja buruh harian yang terkena dampak PHK akibat Pandemi Covid-19,” kata Hotman dalam keterangannya, Jumat (25/6/2021).

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian saat memberikan peralatan dan perlengkapan kerja kepada peserta Padat Karya, Jumat (25/6/2021). (libassonline)

Adapun tujuan dari kegiatan padat karya ini adalah untuk meningkatkan perekonomian bagi keluarga yang membutuhkan, memupuk rasa kebersamaan, gotong royong, membangkitkan kegiatan social, ekonomi masyarakat dan penciptaan lapangan kerja melalui kegiatan pembangunan secara swakelola dan padat karya tunai.

Kegiatan Padat Karya di lingkungan UPP Kelas II Tanjung Redeb meliputi pemeliharaan sarana dan prasarana pelabuhan serta kegiatan kebersihan.

Sementara itu, upah kerja para peserta padat karya ini diberikan tunai secara langsung kepada masyarakat yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Para peserta kegiatan Padat Karya sedang melakukan aktifitas di lingkungan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb, Jumat (25/6/2021). (libassonline)

Sebagai informasi, kegiatan Padat Karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan ini merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 73 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penyelenggaraan program Padat Karya Di Lingkungan Kementerian Perhubungan dan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Nomor: PR.003/1/2/DJPL/2021 tanggal 11 Januari 2021 Perihal Rencana Program Padat Karya Tahun 2021 pada UPT di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Dasar Pelaksanaan Padat Karya bersumber dari Anggaran DIPA Tahun anggaran 2021 Pada Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjuung Redeb.

Kementerian Perhubungan menjadi salah satu Kementerian yang memiliki program padat karya. Jenis padat karya di sektor transportasi sendiri terdiri dari pembangunan, pemeliharaan, perbaikan serta pembersihan sarana dan prasarana pelabuhan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: