Masyarakat sedang melakukan perekaman KTP elektronik di Kelurahan. (libassonline)

Jakarta, libassonline.com – Periode Januari sampai dengan Maret 2022, Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Pusat telah mencetak 23.089 KTP elektronik.

Hal ini diungkapkan Plt Ka.Sudin Dukcapil Jakarta Pusat, Ginanjar,”dalam waktu Triwulan pertama yakni bulan Januari pihaknya telah mencetak sebanyak 8.896 KTP elektronik, Februari sebanyak 4.651 KTP-el, dan Maret sebanyak 9.542 E-KTP”.

“ Totalnya ada 23.089 KTP elektronik yang telah dicetak, dan sudah didistribusikan kepada warga Jakarta Pusat, “ jelas Ginanjar.
Pada kesempatan yang sama turut pula  didampingi Ka.Sie Pendaftaran dan Kependudukan (Dafduk) Sudin Dukcapil Jakpus, Selasa, kepada awak media, (6/4/2022).

Ginanjar mengungkapkan, “pencetakan 23.089 KTP elektronik terdiri dari pencetakan KTP hilang, cetak KTP WNA, cetak KTP pemilik KTP pemula, retur dan lain sebagainya”.

“Pencetakan ini kami lakukan untuk memberi kemudahan dan percepatan bagi masyarakat, serta pemenuhan pelayanan adiministrasi kependudukan bagi warga yang wajib rekam atau pemilik KTP, jelas Ginanjar.

Pada periode yang sama, Ginanjar menambahkan, pihaknya juga sudah melakukan 3.740 perekaman data KTP-el dengan rincian sebagai berikut bulan Januari Sebanyak 1.066, Februari 980 dan Maret 1.694.

Hal senada diungkapkan Ginanjar,
“Ia menghimbau warga yang sudah memasuki usia 16 tahun keatas atau 17 tahun agar segera melakukan perekaman KTP elektronik di Kelurahan masing-masing, sehingga saat pilkada data sudah terhitung sebagai penduduk yang berhak memilih”.

“Selain itu juga, setiap warga yang telah menikah baik secara muslim ataupun non muslim agar melaporkan kepada Dukcapil sehingga status pada KTP di update sesuai kondisi sebenarnya”, Ginanjar menambahkan.

“Begitu juga bagi warga yang bercerai maupun yang sudah meninggal dunia supaya dilaporkan. Karena semua data tersebut memberikan dampak  bagi masyarakat dalam urusan lainnya serta berdampak bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan”, pungkas Ginanjar.

(Rml)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: