General Manager PT ASDP Cabang Batam, Marsadik dan Kepala Dishub Kepri, Junaidi. Libassonline.com
General Manager PT ASDP Cabang Batam, Marsadik dan Kepala Dishub Kepri, Junaidi. Libassonline.com

Tanjungpinang (Libassonline.com) – General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batam, Kepulauan Riau (Kepri) Marsadik menyampaikan sebanyak 18 unit kapal roro siap menyambut mudik hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023.

Menurut dia, jumlah armada laut tersebut masih cukup untuk melayani pemudik Lebaran tahun ini, kendati diprediksi ada kenaikan arus penumpang seiring pandemi COVID-19 yang makin mereda.

“Kita baru dapat tambahan satu unit kapal roro KMP Bahtera Nusantara 03 dari Kemenhub, sehingga totalnya ada 18 unit, dan untuk layanan angkutan mudik ASDP cukup memadai,” kata Marsadik di Bintan, Kamis.

Ia mengatakan 18 kapal roro tersebut melayari gugusan pulau yang ada di Kepri, mulai dari Batam, Karimun, Lingga, Natuna hingga Anambas.

Selain itu, juga melintasi rute Kepri ke Kalimantan Barat atau sebaliknya. Kemudian, rute Kepri ke Provinsi Riau atau sebaliknya.

Marsadik menyebut satu kapal roro melintasi banyak pulau. Idealnya memang satu pulau satu kapal roro, tapi itu tidak memungkinkan sebab beban operasionalnya rata-rata masih disubsidi pemerintah.

“Kecuali kalau sudah ramai penumpang, baru dibuat komersial. Contohnya, kapal roro rute Punggur (Batam) ke Dabo (Lingga) sudah tak perlu disubsidi pemerintah lagi,” ujar Marsadik.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kepri memprediksi jumlah pemudik Idul Fitri 1444 Hijriah di daerah itu mencapai 4 juta orang. Jumlah itu 5 persen dari perkiraan pemudik secara nasional sekitar 80 juta orang.

Ia memprediksi jumlah pemudik pada tahun ini bakal naik dipicu kondisi pandemi COVID-19 makin membaik, pembatasan kegiatan sosial masyarakat dicabut, hingga ekonomi yang membaik.

“Makanya sejak awal 2023, kami bersama seluruh pemangku kepentingan terkait sudah mulai melakukan persiapan menyambut mudik Idul Fitri, seperti uji kelaikan kapal,” ujarnya.

Junaidi juga memastikan kecukupan angkutan laut penumpang Lebaran 2023. Khususnya di wilayah Kepri yang memiliki luas 96 persen lautan dengan 2.408 pulau.

Saat ini total kapal laut khusus kapal cepat berkisar 30 sampai 40 unit. Kapal-kapal itu selain melayani penumpang antarpulau di wilayah Kepri, juga hingga ke Dumai, Provinsi Riau.

”Kami pun akan minta operator kapal mengeluarkan semua kapal cadangan guna mengantisipasi lonjakan arus mudik Idul Fitri 2023,” ucap Junaidi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: