Sejumlah pasukan Tim Reaksi Cepat saat mengikuti Apel Kesiapsiagaan sambut Lebaran di halaman Polres Sukoharjo, Rabu (5/4/2023). Libassonline.com
Sejumlah pasukan Tim Reaksi Cepat saat mengikuti Apel Kesiapsiagaan sambut Lebaran di halaman Polres Sukoharjo, Rabu (5/4/2023). Libassonline.com

Sukoharjo (Libassonline.com) – Polres Sukoharjo telah menurunkan Tim Patroli Reaksi Cepat dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di wilayah hukumnya.

Kegiatan apel kesiapsiagaan Tim Patroli Reaksi Cepat digelar dengan melibatkan semua satuan di Polres Sukoharjo hingga tingkat polsek Jajaran, kata Kepala Polres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan usai Apel Kesiapsiagaan Tim Patroli Reaksi Cepat di Mapolres Sukoharjo, Rabu.

“Jadi apel kesiapsiagaan Tim Patroli Reaksi Cepat digelar dalam rangka menjaga harkamtibmas di bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H,” kata Kapolres.

Karena, lanjut dia, hasil evaluasi Polres Sukoharjo dari tahun ke tahun di bulan Ramadhan ada sedikit peningkatan gangguan keamanan. Sehingga, Polres Sukoharjo mengantisipasi hal tersebut agar tidak terjadi gangguan keamanan yang terjadi di wilayah hukumnya.

Dia mencontohkan seperti kejadian perampokan di wilayah Kabupaten Cilacap dan gangguan kamtibmas lainnya di sejumlah wilayah lainnya. Sebagai bentuk antisipasi, maka Polres Sukoharjo menyiapkan Tim Patroli Reaksi Cepat ini.

“Tim patroli ini, sebenarnya sudah ada, tetapi kami cek lagi kesiapan, perlengkapan, dan sarana prasarananya. Sehingga, dapat bertugas dengan baik, serta dapat terjun di tengah masyarakat baik di jam rawan maupun disepanjang waktu sehingga dapat memberikan jaminan keamanan pada masyarakat,” katanya.

Dengan adanya Tim Patroli Reaksi Cepat Polres Sukoharjo, dia berharap juga masyarakat dapat beribadah dan beraktivitas dengan aman dan nyaman selama puasa Ramadhan hingga Lebaran mendatang.

Dia mengimbau kepada masyarakat apabila bepergian dan beraktivitas di luar rumah agar tidak memakai barang mencolok seperti perhiasan dalam jumlah berlebih. Sebab keberadaan barang tersebut dapat memancing tindak kejahatan ditempat keramaian.

Masyarakat yang akan beraktivitas di perbankan diimbau jangan sendirian. Apabila melakukan transaksi keuangan atau membawa uang dalam jumlah besar, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk meminta pengawalan atau pengamanan dari Polres Sukoharjo. Hal ini selain bentuk jaminan keamanan sekaligus mengantisipasi terjadinya tindak kriminal.

“Sebanyak 100 personil yang ikut apel kesiapsiagaan Tim Patroli Reaksi Cepat. Usai apel seluruh personel langsung melakukan patroli di semua wilayah Kabupaten Sukoharjo. Personel disebar sesuai dengan pemetaan tugas masing-masing,” katanya.

Tim Patroli Reaksi Cepat Polres Sukoharjo dilakukan di wilayah yang menjadi pusat keramaian aktivitas masyarakat seperti perbankan, pegadaian, pusat perbelanjaan, mal, pasar, toko emas dan tempat lain yang bisa mengundang kerawanan kriminalitas. Tim Patroli Reaksi Cepat akan mobile dan patroli dialogis dengan masyarakat. Termasuk mengecek ke tempat ATM karena jadi salah satu titik rawan kejahatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: