Suasana penumpukan penumpang di terminal pelabuhan Bakauheni pada Kamis pagi atau H-2 lebaran 2023. Libassonline.com
Suasana penumpukan penumpang di terminal pelabuhan Bakauheni pada Kamis pagi atau H-2 lebaran 2023. Libassonline.com

Lampung Selatan (Libassonline.com) – PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni mencatat jumlah penumpang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Pelabuhan Merak, Banten, mencapai 55.984 orang pada H-2 Lebaran 2023.

General Manager PT ASDP cabang Bakauheni, Rudi Sunarko, mengatakan dari jumlah penumpang tersebut terbagi menjadi dua bagian yakni pejalan kaki dan dalam kendaraan.

“Untuk penumpang pejalan kaki yang melakukan perjalanan menuju Pelabuhan Merak, Banten, sebanyak 1.747 orang dan penumpang di dalam kendaraan sebanyak 54.247 orang,” kata Rudi di Bakauheni, Kamis.

Menurut data, kata dia, jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak Banten terus meningkat dari hari ke hari.

Data Angkutan Lebaran 2023 di Pelabuhan Bakauheni pada 19 April 2023 pukul 08.00 WIB sampai dengan 20 April 2023 pukul 08.00 WIB jumlah kendaraan pribadi yang menyeberang sebanyak 7.096 unit. jumlah itu jauh meningkat dari satu hari sebelumnya yang sebanyak 6.550 unit.

Untuk jumlah bus, kata dia, dari hari ke hari terus mengalami peningkatan dimana pada hari kemarin yang menyeberang sebanyak 606 unit, sedangkan pada hari ini sebanyak 659 unit.

Namun, lanjutnya, jumlah truk dan kendaraan besar mengalami penurunan, menjadi 939 unit hari ini dibanding kemarin sebanyak 1.326 unit.

Demikian pula dengan kendaraan roda dua pada hari ini terus mengalami peningkatan namun tidak signifikan.

“Jumlah penumpang kapal dengan menggunakan kendaraan roda dua pada hari ini sebanyak 634 unit, jumlah itu mengalami peningkatan dari hari kemarin 525 unit,” katanya.

Rudi Sunarko mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

“Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: