Dokumentasi – KPU Kota Surakarta menetapkan wali kota dan wakil wali kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa. Usai diresmikan, Gibran menyatakan program 100 harinya akan berfokus pada pemulihan ekonomi dan kesehatan di tengah pandemi covid-19 yang masih melanda Surakarta. (libassonline.com)

Solo (libassonline.com | bit.ly/libasnews) – Gibran menjelaskan jabatan wali kota tersebut merupakan amanah yang akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat Kota Surakarta.

Gibran menegaskan pada hari Sabtu dan Minggu ini, bukan hari libur untuk dirinya dan Pak Teguh sebagai Wakil Wali Kota Surakarta. Pada Sabtu (27/2), akan dimulai kegiatan vaksinasi untuk pedagang di Pasar Klewer dan Pasar Gede Solo.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyebutkan ekonomi akan kuat jika warganya sehat, sehingga penerapan protokol kesehatan tetap diperketat di tempat-tempat kegiatan produktif seperti pasar dan kantor di Kota Solo untuk percepatan penanganan COVID-19.

“Kami yakin dan optimistis Kota Solo bisa bangkit dari pandemi COVID-19,” kata Gibran, di sela pidato perdananya dalam rapat paripurna pidato perdana Wali Kota Surakarta periode 2021-2026, di Graha Paripurna DPRD Surakarta, Jumat.

“Kami langsung gerak dan langsung kerja tidak perlu menunggu hari kerja pada Senin. Namun, Sabtu dan Minggu tidak ada libur,” ujar Gibran pula.

Gibran mengatakan Solo gudangnya anak-anak kreatif dan inovatif selalu ada peluang di tengah kesulitan. Untuk membuka peluang akan diperbanyak “creatifhub” dan “co-working space”, agar anak-anak muda di Solo memiliki daya saing dan UMKM bisa naik kelas melalui pemanfaatan teknologi.

“Hal ini, salah satu agenda percepatan pemulihan ekonomi di Kota Solo. Tidak lupa peran big data sangat krusial bagi “smart city”. Big data memberikan info akurat dan sebagai dasar penentuan keputusan langkah-langkah strategis dalam perencanaan pembangunan.

“Gibran menyadari hal ini bukan pekerjaan ringan. Untuk itu, pihaknya memohon dukungan baik dari jajaran Pemerintah Kota Surakarta maupun segenap unsur masyarakat agar selama kepemimpinan kami mampu mengemban amanat dalam membangun Kota Surakarta menjadi lebih baik,” kata Gibran.

Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa resmi dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta periode 2021-2026 yang digelar secara virtual, di Graha Paripurna DPRD Surakarta, Jumat.

Penggunaan teknologi seperti “e-Budgeting”, “e-Katalog”, dan “e-Monev” akan dioptimalkan, sehingga APBD dapat dikelola secara efektif dan efisien. “Kami harus meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntanbilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep “good governance”,” kata Gibran.

Pada kesempatan tersebut, Gibran juga mengucapkan banyak terima kasih kepada FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo selaku pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta periode 2016-2021. Terima kasih atas kerja keras dalam memajukan Kota Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *