Kapal KM Itaufili di dermaga Kota Jayapura, Papua, Rabu (1/9/2021). Kapal panjang 12,95 meter dan llebar 6 meter tersebut dilengkapi tenaga 4 mesin 150 Horse Power (HP) berkapasitas 100 penumpang untuk melayani dari kampung-kampung di pesisir Danau Sentani untuk ikut menyaksikan pelaksanaan PON XX Papua di Kabupaten Jayapura. (libassonline)

Jayapura, libassonline.com – Dalam rangka menunjang pelaksanaan PON XX di Kabupaten Jayapura, Direktur Angkutan Sungai dan Penyebrangan Kementerian Perhubungan menyalurkan dua kapal pengangkut dengan kapasitas 100 penumpang.

Dua kapal, masing-masing KM Emfote dan KM Itaufili tiba di pelabuhan laut Kota Jayapura, pada Kamis 12 Agustus lalu dan Sebanyak 316 armada medium dan micro bus bantuan Kementerian Perhubungan tiba di Kota Jayapura menggunakan KM. Dharma Kencana VII Tanjung Perak, untuk layanan tranportasi darat bagi atlet dan ofisial, lewat sistem aplikasi, saat PON XX dan Peparnas XVI.

 

Bus diturunkan dari KM. Dharma Kencana VII Tanjung Perak di dermaga Kota Jayapura, Papua, Rabu (1/9/2021). (libassonline)

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw pekan lalu mengatakan, dua bus air itu akan dibawa melalui pelabuhan laut Jayapura mengunakan jalur darat hingga menuju Danau Sentani.

“Dari Pelindo dengan Balai Jalan telah berkordinasi diperkirakan ada beberapa bagian badan jalan di bongkar, untuk proses evakuasi dua bus air ini hingga di Telaga Ria Sentani Timur,” Kata Alfons.

Kapal tersebut, diperkirakan memiliki panjang 12,95 meter, lebar 6 meter, tinggi sampai dengan main deck kurang lebih 6,57 meter, sedangan tinggi draft 1,8 meter, dilengkapi dengan tenaga 4 mesin dengan kapasitas masing-masing 150 Horse Power (HP).

“Diperkirakan minggu ini akan sampai di Danau Sentani, dengan Kapasitas 100 penumpang, bisa melayani masyarakat dari kampung-kampung untuk ikut menyaksikan pelaksanaan pon XX di Kabupaten Jayapura,” Ujarnya.

Alfons menjelaskan, dua kapal yang diberikan Kementerian Perhubungan selain menjadi fasilitas penunjang PON XX di Kabupaten Jayapura, bisa juga sebagai sarana Pariwisata bagi masyarakat menikmati keindahan Danau Sentani.

“Semua itu permintaan dari Dinas Perhubungan ke Kementerian, untuk menunjang PON XX, bersama Kapal Foi Moi dan beberapa kapal lainnya milik Kabupaten Jayapura. Jadi bisa digunakan nanti juga di sektor pariwisata di Danau,”jelasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *