Libassonline.com

Libassonline.com – Terpilihnya Indonesia menjalankan Presidensi G20 tahun 2022 bukanlah giliran semata. Sejumlah persyaratan juga harus terpenuhi, seperti misalnya pertumbuhan ekonomi yang tidak boleh di bawah rerata pertumbuhan ekonomi global dalam jangka waktu tertentu. Seperti apa Indonesia mempersiapkan diri menjalankan Presiden G20 di Bali?

Indonesia mendapatkan tantangan yang berkali – kali lipat lebih besar dibandingkan pelaksanaan G20 yang pernah diselenggarakan sebelumnya. Pandemi belum usai sepenuhnya, tantangan berikutnya yang datang adalah perang antara Rusia – Ukraina. Perang dua negara ini membawa dampak yang luar biasa, sehingga potensi terjadinya krisis multidimensioanal menganga lebar lubangnya, mulai dari krisis pangan hingga energi. Bagaimana Indonesia menaklukan tantangan ini melalui peran Presidensi G20?

Presidensi G20 Indonesia akhirnya berhasil dijalankan dengan baik. Tantangan-tantangan yang dihadapi Indonesia bisa diselesaikan sesuai rencana, sehingga komunike atau deklarasi bersama juga berhasil dicapai. Tak hanya itu, berbagai pujian juga dilayangkan karena acara demi acara bisa berjalan dengan baik, termasuk pujian saat gala makan malam yang diselenggarakan dengan sangat megah oleh Indonesia, persembahan khusus bagi negara delegasi. Tak heran persembahani nimemunculkan rasa kagum dari sejumlah kepala negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: