APEL PENUTUPAN POSKO TERPADU ANGKATAN LAUT LEBARAN 1444 H/2023, KANTOR KSOP KELAS II GRESIK. Libassonline.com
APEL PENUTUPAN POSKO TERPADU ANGKATAN LAUT LEBARAN 1444 H/2023, KANTOR KSOP KELAS II GRESIK. Libassonline.com

Gresik – Libassonline.com. Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik secara resmi telah menutup posko Angkutan Laut Lebaran (Angleb) tahun 2023, berlangsung selama 32 hari mulai dari tanggal 7 April hingg 8 Mei 2023.

Penyelenggaraan Angleb 2023 berjalan dengan lancar dan aman walaupun ada sedikit kekurangan dan harus ada perbaikan maupun evaluasi. Secara umum telah berjalan dengan baik, hal ini dapat dibuktikan atas apresiasi dari berbagai pihak khususnya diwilayah pelabuhan Gresik,” demikian disampaikan Kepala KSOP Gresik, Hotman Siagian dalam sambutannya saat penutupan posko Angleb 2023, hari ini,di Gresik, Selasa (9/5/2023).

Hotman mengatakan suksesnya posko Angleb 2023 di pelabuhan Gresik ini tak lepas dari kolaborasi sinergi dan koordinasi semua lembaga, unsur kementerian lembaga, BUMN dan seluruh stakeholders sektor transportasi.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh lembaga terkait atas kerjasama, kolaborasi dan koordinasi yang baik ini dalam pelaksanaan Angkutan Lebaran 2023 ini. Karena masyarakat dapat menikmati perjalanan angkutan laut dan darat dengan aman, nyaman, sehat dan berkesan.Tentu hal ini dapat berjalan dengan baik salah satunya tak lupa peran media online, cetak, TV dan Radio dalam menyampaikan update informasi kepada masyarakat luas terkait kondisi terbaru Angleb 2023 di pelabuhan,” tuturnya.

Hotman menjelaskan berdasarkan pemantauan dan monitoring selama penyelenggaraan Angleb 2023 di pelabuhan Gresik pada H-5 sampai H+12 tercatat hingga 3,9 juta orang. Jumlah ini mengalami kenaikan 3,46 persen atau 129 ribu penumpang jika dibandingkan tahun 2022 lalu.

“Peningkatan ini menunjukan keinginan masyarakat untuk bepergian meningkat, kedepan agar penyelenggaraan angkutan lebaran lebih baik lagi diperlukan singkronisasi yang lebih baik lagi, antara pelaksana pengambil kebijakan dan pelaksana di lapangan,” ujarnya.

Selain itu, tambah Hotman, singkronisasi dengan pelaksanaan cuti bersama dengan waktu libur sekolah agar permintaan angkutan lebih baik dan dikendalikan.

Sementara itu, Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) kelas II Tanjung Perak Surabaya, Devi Mamesah pada kesempatan yang sama mengatakan awal mudik pihaknya telah melakukan patroli bersama dengan kapal kelas III KSOP Gresik dalam rangka pengawasan dan pengamanan (waspam) diperairan, dan mensiagakan 2 kapal Kelas III di Surabaya, jika dibutuhkan di pelabuhan Gresik akan segera ke lokasi.

“Karena jarak Surabaya Gresik kan dekat jadi 2 armada kelas III selalu siap sedia kalau dibutuhkan di Gresik, mungkin itu yang bisa kami lakukan untuk mendukung Angleb 2923 di Gresik, Selain itu syukur Alhamdulillah pada masa Angleb 2023 kemarin tidak ada kejadian yang menonjol semua berjalan dengan baik dan lancar semua atas kordinasi yang baik semua pihak,” jelasnya.(Red-MM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: