Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta di terminal kedatangan, arus calon penumpang pesawat mengalir deras sejak matahari belum muncul, Kamis (24/12/2020). (libassonline)

Tangerang, Libassonline.com – Walau ada persyaratan ketat perjalanan menggunakan jasa transportasi udara selama libur Natal 2020 dan tahun baru 2021 (Nataru) , namun tak menyurutkan animo publik untuk bepergian.

Mereka datang dengan berombongan naik kendaraan pribadi dan naik bus bandara. Petugas tampak begitu sibuk melayani penumpang, yang baru turun dari kendaraan. Petugas menginfokan tentang gate maskapai penerbangan.

Libur lumayan panjang dari Kamis hingga Minggu (27/12/2020), tampaknya menjadi pemicu arus deras pengguna jasa angkutan udara tersebut. “Ramai penumpang,” ungkap Wina, yang hendak terbang menggunakan pesawat Batik Air.

Dia menuturkan akan berlibur bersama orang tua di kampung halaman di Makassar. “Lumayan empat hari bisa di rumah,” ujarnya.

Sedangkan Aisha, yang baru tiba dari Makassar, menuturkan proses perjalanan relatif lamcar. Mudah untuk mengurus dokumen kesehatan, termasuk rapid Antigen,

“Gampang dan murah. Nggak ribet,” cetus pegawai satu instansi pemerintah di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, itu.

Mereka bilang yakin terjaga kesehatan selama dari bandara, di pesawat dan tiba di bandara. “Apalagi fasilits pelayaan, terutama di Bandara Soekarno banget,”uicapnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah makin memperketat peraturan kepemilikan surat bebas COVID-19 untuk bepergian dengan berbagai moda transportasi ke berbagai daerah baik Kota maupun Kabupaten.

Persyaratan tersebut untuk mencegah banyaknya masyarakat yang berlibur untuk merayakan Natal dan Tahun Baru 2021 di tengah pandemi COVID-19 ini.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, Darmawali Handoko, mengatakan dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 22 Tahun 2020, tercantum bahwa syarat penerbangan tidak bisa lagi menggunakan rapid test antibodi.

“Mulai 22 Desember 2020, penumpang pesawat tidak bisa lagi terbang menggunakan surat keterangan bebas COVID-19 melalui Rapid Antibodi, tapi harus Rapid Antigen dan ini berlaku selama periode natal dan tahun baru,” katanya di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Senin 21 Desember 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: